Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Emmc Dan Tanda Emmc Yang Sudah Rusak (Lengkap)

Pengertian EMMC dan Tanda Emmc yang Sudah Rusak   Pengertian EMMC dan Tanda Emmc yang Sudah Rusak  (Lengkap)
gambar oleh vtiga
Sekarang ini teknologi terus bertumbuh dengan pesat, Tiap hari, setiap tahun selalu ada yang gres dalam dunia teknologi, Kalian mungkin sudah tidak gila lagi dengan yang namanya smartphone dan aku yakin semuanya sudah memiliki hp untuk keperluan sehari-hari, Dan kalian mungkin ingin tau sama yang namanya EMMC dalam hp. Kali ini aku akan membahas dengan lengkap mulai dari pengertian emmc, ciri-ciri emmc rusak dan cara merawat emmc.

Apa itu Emmc?

Pengertian atau Istilah eMMC akronim dari "embedded Multi-Media Controller". MultiMediaCard tertanam (eMMC) ialah perangkat penyimpanan kecil yang terdiri dari memori flash NAND dan pengontrol penyimpanan sederhana . Standar eMMC untuk aplikasi memori flash yang tertanam dikembangkan pada tahun 2006 oleh JEDEC dan MultiMediaCard Association.

Emmc ialah sebuah Ic Flash paling penting yang ada dalam komponen hp itu sendiri. Ic emmc ialah pusatnya penyimpanan internal yang ada di dalam hp Android. Tanpa adanya ic emmc kemungkinan hp itu tidak akan sanggup hidup bahkan tidak sanggup berjalan sama sekali.

Emmc bukan hanya ada di hp saja tapi banyak juga produk elektronik serupa yang menggunakannya contohnya smartphone, tablet digital, pemutar multi-media, PDA, sistem navigasi, dan kamera digital. eMMC sanggup digunakan untuk perangkat seluler, solusi penyimpanan yang disempurnakan, dan sebagai pengganti media penyimpanan terbaru untuk dikala ini,

Apa saja yang ada di dalam emmc?

Di dalam smartphone ketika dihidukan maka akan tampil sebuah logo atau nama hp sesuai brand yang anda beli, dan sesudah tampil logo maka otomatis masuk ke tampilan sajian awal yang mana sajian dan logo tersebut ialah serpihan dari firmware dan firmware tersebut tersimpan di dalam ic flash emmc.

Dalam setiap hp memiliki firmware berbeda-beda walaupun isi di dalamnya terlihat sama. Kenapa semua firmware tidak dibentuk sama? karna setiap hp memiliki spesifikasi yang berbeda-beda dan tentunya isi dari firmwarenya juga harus beda.

Selain firmware ada juga penyimpanan Internal (Internal Storage) yang berfungsi untuk menyimpan aplikasi system, media menyerupai photo dan video, dan sebuah sistem operasi. Saya sarankan untuk menyimpan banyak sekali aplikasi selain sistem itu disimpan di external memori semoga ic emmc nya tidak cepat rusak.

Ciri-ciri Ic Emmc Sudah Rusak atau Lemah

Ada kalanya yang namanya komponen elektronik itu tidak sanggup diprediksi dan tidak selalu awet, tanda-tanda yang timbul sanggup kapan saja datang. Penyebab Emmc rusak atau lemah ada banyak macam jenisnya jadi kita harus tau dulu tanda-tanda penyebab ic emmc sudah lemah atau rusak.

Sebelum Anda berpikiran untuk ganti emmc ada baiknya cari tau dulu cara mengatasi emmc rusak tanpa harus ganti.

Berikut Ciri-ciri Emmc yang sudah lemah:

1. Saat menggunakan ponsel tiba-tiba aplikasi sering keluar sendiri dan sering keluar bacaan menyerupai Sayangnya Aplikasi Telah Berhenti (Unfortunately, App Has Stopped), Sayangnya, WhatsApp Telah Berhenti, Sayangnya, Facebook Telah Berhenti, Dan masih banyak lagi.

2. Hp sering hank atau mendadak restart sendiri walaupun hp tidak dipakai.

3. Hp restart dan kemudian stuck di logo contohnya mentok di logo Advan, Samsung, huawei. Lenovo dll.

Solusi untuk menangani permasalahan emmc lemah diatas Anda sanggup coba mereset ke pengaturan pabrik atau dalam istilah umumnya dengan cara Clear Emmc. Dengan cara factory reset maka otomatis semua data yang ada dalam internal storage maupun format eemc akan terhapus, disarankan sebelum melaksanakan reset pabrik untuk melaksanakan backup data-data penting terlebih dahulu.

Jika dengan cara factory Reset masih belum sembuh juga cara lain sanggup reset melalui mode recovery. Kalau keduanya sudah dicoba dan belum ada perubahan sanggup dipastikan ic emmc nya sudah rusak. maka harus coba dengan flash ulang melalui pc/komputer.

Berikut Ciri-ciri Emmc yang sudah Rusak:

1. Tidak sanggup di Factory Reset/Setelan pabrik

Ketika hp sering restart, aplikasi sering terhenti maka otomatis anda akan jengkel sendiri dan risikonya mau tidak mau harus di reset ulang ke setelan pabriknya tetapi sesudah direset tidak ada juga perubahan bahkan di factory reset juga tidak sanggup dan tetap masih stuk logo misalnya.

2. Di flash sukses tapi masih tetap mentok di logo

Sudah coba flash dengan banyak sekali firmware tapi masih tetap mentok di logo tidak mau masuk menu. Ada yang sukses di flash masuk sajian tapi pas beberapa menit timbul lagi dilema terjadi menyerupai sayangnya aplikasi telah berhenti, restart sendiri dll.

3. Di flash gagal atau ada pesan error

Driver sudah benar, firmware sudah cocok ataupun tested tapi tetap tidak mempan juga malah ada pesan error atau failed.

4. Hp Langsung Mati Total

Tidak ada angin tidak ada hujan padahal pemakaian normal sehari-hari dan hp pun mendadak mati begitu saja. Atau dikala main game tiba-tiba mati di cas pun tidak mau hidup.

5. Driver Tidak Terbaca

Ketika handphone dicolokan ke komputer melalui usb driver dari hp tersebut tidak ada tanda kehidupan sama sekali.

Solusi untuk menangani permasalahan mengatasi emmc rusak tanpa ganti emmc diatas sanggup anda tangani selagi masih ada keberanian untuk mencobanya adapun resikonya hp menjadi getar saja atau malah amsyong tidak hidup sama sekali.

Solusi pertama persiapkan usb yang benar-benar cantik atau kalau ada pakailah usb bawaan dari hpnya, alternatif lain pakailah usb original.

Solusi kedua pastikan drivernya sudah terinstall dengan benar dan software untuk ngeflashnya sesuai chipset hp yang digunakan,

Solusi ketiga cari firmware yang cocok dengan hp yang anda gunakan, cobalah satu persatu jikalau firmware masih ada yang belum tested.

Jika solusi diatas tidak mempan maka sudah dipastikan emmcya harus diganti dengan emmc yang baru.

Berapa Harga EMMC hp?

Harga Emmc sebenarya tidak terlalu mahal mulai harga 100 ribuan pun sudah sanggup tergantung type dan jenis emmcnya, pertanyaanya kenapa harga ganti emmc di kawasan service itu mahal? ganti emmc tidak semudah membalikan tangan banyak resiko yang dihadapi serta harus memiliki keakhlian khusus tidak semua orang sanggup ganti emmc dengan minim resiko dan itu harga yang masuk akal untuk harga ganti emmc berikut jasanya.

Efek Ganti Emmc?

Setelah emmc diganti tentu ada efeknya meskipun hp sudah normal kembali suatu dikala tanda-tanda yang pernah terjadi sebelum ganti emmcbisa saja dtang kembali, tergantung dari pemakaian itu sendiri, entah emmcnya buatan lokal ataupun ori cabutan dari hp yang lain. Kadang ada yang benar-benar abadi juga malah sebaliknya. Maka dibutuhkan cara merawat emmc diusahakan  pemakaian yang sewajarnya.

Cara Merawat Emmc Hp

Menjaga lebih baik daripada mengobati, sebelum datangnya penyakit diusahakan untuk melaksanakan perawatan yang baik dan benar.

Bagaimana cara merawat emmc hp semoga abadi dan tidak gampang rusak?

1. Install aplikasi sewajarnya disarankan untuk install aplikasi yang penting-penting saja dan hapus aplikasi yang tidak diperlukan.

2. Disarankan jangan menggunakan hp sambil di cas karna selain komponen emmc yang bakal rusak kemungkinan komponen yang lain juga ikut rusak

3. Jangan terlalu banyak media yang disimpan di memori internal karna terlalu banyak beban akan menghalangi proses dari sistem itu sendiri.

4. Rajinlah hapus chache dan sampah yang menumpuk di dalam aplikasi maupun system.

5. Hindari root ataupun customisasi dengan aplikasi pihak ketiga. karna kalau tidak tau cara penggunaannya alan berakibat fatal bahkan sanggup mati total kalau ada file system yang dibuah sedikitpun.

Penutup

Segala kerusakan maupun penyakit dalam emmc semua sanggup diatasi dengan banyak sekali macam cara, selalu rawat semoga hp kita sanggup digunakan sehari-hari tanpa adanya dilema yang fatal sehingga harus mengeluarkan biaya yang tidak mengecewakan mahal.

Semoga dengan klarifikasi diatas sanggup sedikit memberi solusi maupun pencerahan. Semua isu diambil dari pengalaman dan banyak sekali sumber yang dipercaya.