Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Template Custom Default Blogger Contempo (Super Ringan)


Template Contempo merupakan template custom default dari blogger, template ini mungkin masih banyak yang memakai nya sebab template yang satu ini memang terbilang simple dan ringan.

Dan pada kesempatan kali ini aku ingin menyebarkan Template Custom Default Blogger Contempo yang Super Ringan. Template ini di kembangkan lagi oleh mas Adhy Suryadi dengan mengoptimasi kecepatan loadingnya dan menammbahkan beberapa elemen yang diperlukan.

Template ini pun tidak banyak perubahan sebab memang tema Contempo sudah cukup responsive. Mungkin hanya menambahkan kekurangannya menyerupai menambahkan breadcrumb, related post, random post, dan lainnya.

Dari segi kecepatan, mas Adhy Suryadi menambahkan CDN Staticaly pada semua gambar, mengganti komentar Blogger dengan Disqus dengan load on scroll, tidak memakai tombol follow Google+ yang mengakibatkan blocking render js dari plusone.js.

Dan dibawah ini merupakan custom yang ada pada tema Contempo ini.

1. Mempermudah mengganti warna header yang diadaptasi dengan warna link. Untuk mengganti warnanya melalui Theme > Customize > Advance > Link, kemudian silahkan pilih dan sesuaikan warna link.

2. Menambahkan CDN Staticaly pada semua gambar.

3. Menambahkan random post dan related post dengan CDN Staticaly pada thumbnail-nya. Untuk mengatur jumlah post pada random post di sidebar pada instruksi berikut:

 var RandomPostConfig = {homePage: &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;,numPosts:6}; 

Atur angka untuk numPosts

4. Membuat sticky sidebar dengan CSS position: sticky

5. Menambahkan slot iklan di header, di sidebar, 2 slot iklan di dalam artikel dan di bawah postingan. Untuk slot iklan di header dan sidebar, tambahkan instruksi iklan dari Layout atau Tata Letak. Untuk 2 slot iklan di dalam artikel cari instruksi <b:includable id='postBodyAdsense'> di edit HTML, simpan instruksi iklan di bawahnya. Untuk iklan di bawah post cari instruksi <b:includable id='postBodyAdsenseBelow'> di edit HTML, simpan instruksi iklan di bawahnya.

6. Menambahkan komentar Disqus dengan load on scroll. Cari instruksi var shortname = "kompicontempo"; dan silahkan ganti dengan shortname Disqus blog sobat.

7. Menambahkan Breadcrumb dengan schema.org.

8. Mengganti halaman pencarian dengan halaman hasil pencarian Google.

Bila teman ingin mencoba nya teman dapat mendownload nya dibawah ini secara gratis.


Dan untuk cara menginstal nya, teman tidak perlu memakai upload file xml. Langsung saja copy semua instruksi dari notepad kemudian timpah semua instruksi di edit html.

Mungkin itu saja yang dapat aku bagikan pada kesempatan kali ini. biar artikel ini dapat bermanfaat buat teman yang sedang mencari Template Custom Default Blogger Contempo (Super Ringan). Salam blogger!

Sumber : kompiajaib - Custom Default Blogger Template Contempo Bagi Yang Mau Saja