Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menambahkan Tanda Tangan Dokumen Digital di PDF dengan Smartphone Android

Tips menambahkan tanda tangan dokumen digital Tips Menambahkan Tanda Tangan Dokumen Digital di PDF dengan Smartphone Android
Saat ini, segala informasi sudah banyak disebarkan secara digital. Tidak hanya itu, kebutuhan akan buku dan dokumen pun banyak yang kini tidak dicetak, melainkan hanya dibuat dalam bentuk digital.

Terlebih, saat ini di beberapa instansi pun menerapkan sistem paperless, dimana penggunaan kertas diminimalisir. Sehingga, kebutuhan akan dokumen dan materi pun hanya dibuat dalam bentuk digital dengan format PDF.

Sayangnya, kendala dari pembuatan buku atau dokumen digital adalah keabsahan dari dokumen tersebut. Jika selama ini dokumen yang sah ditandai dengan adanya tanda tangan, lalu bagaimana jika dokumen yang digunakan berbentuk digital?

Sobat jangan khawatir, sobat pun masih dapat membuat dokumen digital dan membubuhkan tanda tangan di dalam dokumen tersebut. Begitu juga dengan eBook, ketika sobat ingin membubuhkan tanda tangan supaya keaslian dan orisinalitas eBook lebih terjaga, sobat juga dapat membubuhkan tanda tangan secara digital.

Caranya sangat mudah, tidak perlu menggunakan laptop atau PC, sobat hanya perlu menggunakan Smartphone milik sobat. Penasaran bagaimana caranya? Simak artike di bawah ini ya, akan membahas mengenai tips menambahkan tanda tangan di PDF dengan Smartphone android.

Inilah tips menambahkan tanda tangan di PDF dengan Smartphone android:

1. Karena tidak ada aplikasi bawaan di Smartphone, jadi sobat harus mendownload dulu sebuah aplikasi untuk dapat menambahkan tanda tangan di PDF. Aplikasi tersebut adalah Xodo. Download dan install aplikasi Xodo di Smartphone sobat.

2. Setelah itu, buka aplikasi Xodo yang sudah sobat download tadi. Lalu, pilih dokumen PDF yang ingin sobat tambahkan tanda ta1ngan.

3. Setelah dokumen yang ingin ditambahkan tanda tangan terbuka, sobat lanjutkan dengan membuat tanda tangan. Cara membuat tanda tangan adalah dengan meng-klik tombol pensil yang ada di bagian atas halaman.

4. Kemudian, akan tampil halaman dimana terdapat beberapa menu tambahan. Untuk menambahkan tanda tangan pada dokumen, klik simbol tanda tangan yang ada pada menu.

5. Setelah itu, Xodo akan menampilkan halaman putih dimana sobat dapat menuliskan tanda tangan di sana. Silakan sobat buat tanda tangan pada kolom.

6. Jika sudah selesai, klik “ADD” yang ada di pojok kanan atas halaman.

7. Tanda tangan sobat sudah jadi.

8. Tapi, ini bukanlah langkah akhir dari pembuatan tanda tangan. Bisa jadi, tanda tangan yang sudah sobat buat terletak di tempat yang tidak diinginkan. Untuk itu, sobat perlu mengubah posisinya terlebih dahulu.

9. Cara mengubah posisi tanda tangan adalah dengan meng-klik tombol dengan simbol tangan yang ada di deretan menu atas halaman.

10. Atur posisi tanda tangan sesuai dengan keinginan sobat.

11. Selesai, tanda tangan sobat sudah jadi dan sudah berada di dokumen PDF yang sobat inginkan.

12. Setelah selesai, sobat dapat menyimpan dokumen PDF tersebut.

Tentunya dengan dapat menambahkan tanda tangan di dokumen, sobat akan lebih terbantu dalam hal penandatanganan dokumen secara digital. Setelah dokumen PDF ditandatangani, sobat bisa langsung mengirimkannya pada rekan kerja atau atasan.

Begitu juga ketika sobat membuat sebuah eBook, sobat dapat membuat eBook sobat lebih profesional dan lebih terpercaya dengan adanya tanda tangan dari pengarang. Tentu akan terasa lebih original daripada eBook yang tidak terdapat tanda tangan. Menarik, bukan? Selamat mencoba!
Sumber https://medianetz8.blogspot.com/