Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Anggota Grup Mengirim Pesan Ke Grup Whatsapp

Rupanya WhatsApp mulai memperhatikan nasib admin di dalam sebuah grup. Dulu, dulu sekali, admin WA hanya berwenang untuk memasukkeluarkan anggota grup saja, tidak lebih sob. Kan admin sanggup memilih foto atau nama grup? Semua anggota grup juga sanggup melaksanakan itu, dulu.

Rupanya WhatsApp mulai memperhatikan nasib admin di dalam sebuah grup Mencegah Anggota Grup Mengirim Pesan ke Grup WhatsApp

Namun semua itu berubah semenjak WhatsApp merilis update 2.18.132, di mana update tersebut membawa tugas gres bagi admin WA. Tidak sekedar penjaga pintu grup, mulai ketika itu admin WA sanggup membatasi siapa saja yang berhak mengganti nama, foto, dan deskripsi grup (jadi sedikit punya wibawa lah si admin 😄).

Tidak berhenti hingga di situ sob. Belum usang ini WhatsApp menambahkan fitur gres untuk grup WA. Sebuah fitur yang sanggup mencegah anggota grup mengirim pesan ke grup. Loh?! terus buat apa grupnya jikalau tidak sanggup dikirimi pesan? Begini sob, bila opsi tersebut diaktifkan, maka hanya admin yang sanggup mengirim pesan ke grup, akan terasa mempunyai kegunaan ketika ada event khusus (pengumuman penting misalnya) yang dihentikan disela oleh pesan atau komentar anggota grup lainnya.

Selain itu, fitur itu juga bermanfaat untuk kalian yang ingin menciptakan semacam "channel" menyerupai di Telegram, tapi lebih luwes, alasannya yaitu WA mempunyai opsi untuk memilih siapa saja yang boleh berkirim pesan (sebenarnya bukan "siapa saja", pilihannya hanya dua sob, admin atau semua anggota grup).

Sebagai contoh, WhatsApp menyebutkan bahwa fitur tersebut cocok diterapkan pada grup orang bau tanah murid dan guru, atau sanggup juga grup guru dan murid-muridnya, sehingga lebih gampang untuk menyuruh mereka membisu (😅) ketika guru memberi klarifikasi atau isu penting lainnya.

PENTING BANGET : Fitur ini hanya tersedia untuk admin grup WA. Jika admin di grup Anda kurang update, pribadi suruh baca artikel ini sob.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, silakan tuju laman isu grup → Setelan grup → Kirim pesan → pilih "Hanya admin".

Rupanya WhatsApp mulai memperhatikan nasib admin di dalam sebuah grup Mencegah Anggota Grup Mengirim Pesan ke Grup WhatsApp

Setelah “Hanya admin” dipilih, seluruh anggota grup tidak akan sanggup mengirim pesan ke grup tersebut. Bagian yang semula dipakai untuk mengetik pesan akan berkembang menjadi notifikasi yang menyatakan bahwa hanya admin yang sanggup mengirim pesan (ketuk notif tersebut untuk mengirim pesan pribadi ke admin).

Rupanya WhatsApp mulai memperhatikan nasib admin di dalam sebuah grup Mencegah Anggota Grup Mengirim Pesan ke Grup WhatsApp

Bila dirasa sudah cukup (pengumuman sudah diumumkan, klarifikasi telah dijelaskan), kita sebagai admin sanggup mengembalikan lagi pengaturan "Kirim pesan" ke "Semua peserta" semoga semua anggota grup sanggup berkirim pesan ke grup WA menyerupai sedia kala. Selamat mencoba 😊