Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mari Menanam Jambu Jamaika


Berdasarkan isu dari rekan-rekan, bila flora ini ditanam ditanah akan lebih susah dibuahkan kalau dibandingkan ditanam di pot (dibikin tabulampot). Dengan media tanam di pot, perlakuan akan lebih gampang dalam perangsangan pembuahan, tapi berkat perjuangan dan uji coba beberapa perlakuan, alhasil flora di tanah juga berhasil berbuah. 

Berikut tip dalam perawatannya : 
Tunggu hingga flora tidak mempunyai pupus daun muda, sesudah itu lakukan permangkasan terhadap daun-daun bau tanah (sekitar 50 %). Lakukan seditkit stress air, berikutnya tambahkan pupuk dengan kadar P dan K yang tinggi (sebaiknya pupuk dilarutkan dalam air dan kemudian disiramkan). Pemberian hormon perangsang bunga juga sanggup dilakukan. 

Satu lagi yang tak kalah penting, buat sayatan terhadap kulit batang selebar kira-kira 1/2 - 1 cm pada pangkal batang secara melingkar. Sayatan dilakukan pada pangkal batang kira-kira 5 - 10 cm dari dasar tanah. 

Cara pengembangbiakkan flora ini biasa dilakukan dengan sambung pucuk ataupun tempel mata tuna dengan batang bawah jambu bol dari biji. Kata orang sih jambu bol jamaika ini susah / tidak sanggup dicangkok. Pembuktian yang saya lakukan memang demikian keliatannya, dari beberapa perjuangan cangkok yang saya lakukan hanya 1 yang berhasil keluar akar (itupun dengan jangka waktu yang relatif usang ; 2 bulan lebih; dan hingga hari ini belum saya turunkan ). Makara belum tahu keberhasilannya juga. 
Buah muda banyak bermunculan, lakukan seleksi buah, buang buah yang tidak normal 
Buah setengah bau tanah berwarna merah bau tanah dan harus dibungkus 
Siapa yang tidak tergiur nikmat dan segarnya jambu air? Jenis jambu yang satu ini memang menggugah mata lantaran warnanya cerah. Tak hanya ini, jambu air juga merupakan salah satu buah pelepas dahaga yang sangat baik. Jambu air cukup gampang dijumpai di keseharian masyarakat. Sama menyerupai buah mangga, ia cenderung ditanam di pekarangan warga. Jambu air ini tak hanya nikmat, ia juga mempunyai sejumlah khasiat baik itu dalam hal kecantikan maupun kesehatan. Karena itu, konsumsi rutin jambu air yakni hal yang cerdas. Salah satu jenis jambu air yang wajib Anda tanam di pekarangan rumah Anda yakni jambu jamaika. Pernah mendengar nama jambu ini? Ia cukup terkenal berkat rasa dan ukuran buahnya yang wah. 

Mengenal Jambu Jamaika 

Banyak mungkin yang bertanya, mengapa jambu air yang satu ini diberi nama jamaika. Apa ia berasal dari jamaika? Tidak ada yang tahu niscaya di mana jambu nikmat yang satu ini berasal. Nama jamaika mungkin menempel oleh lantaran warnanya yang merah pekat. Pada ketika buah jambu jamaika masih muda, warna kulit buahnya merah cerah dan pada ketika ia matang, warna tersebut akan menjadi merah yang sangat pekat mendekati hitam. Buah jambu yang satu ini mempunyai ukuran yang jumbo. Sepintas ia tampak menyerupai jambu jenis bol. Namun sebetulnya berbeda. 

Soal rasa, jambu yang satu ini cukup nikmat dan tentunya manis. Dalam keadaan segar, daging buahnya terasa gurih ketika digigit. Dagingnya juga jauh lebih padat dan lembut kalau dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. Jambu ini masih langka di pasaran lantaran memang yang membudidayakannya masih terbatas. Hal ini juga yang menyebabkan harganya masih tinggi kalau dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya. 

Jambu jamaika dalam bahasa inggris dikenal dengan nama Malay Apple. Nama ini menempel boleh jadi lantaran warnanya yang memang merah pekat. Jambu jamaika ini juga bagi sebagian orang dikenal dengan nama Jambu Darsono. Tak ada yang tahu alasan khusus di balik derma nama tersebut. Jambu jamaika ini berjulukan latin Syzygium malaccense yang secara harfiah sanggup diartikan berasal dari malaka. Hal ini memang merujuk pada asalnya yang memang dari wilayah Melayu. 

Manfaat Jambu Jamaika

Secara umum, jambu jamaika ini mengandung sejumlah komponen senyawa yang sama menyerupai jambu air pada umumnya yakni vitamin c, vitamin A, air, thiamin, riboflavin, serat, karbohidrat, kalsium, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh kerena itu, secara umum manfaat yang diperoleh kalau kita mengkonsumsi jambu jamaika ini kurang lebih sama dengan manfaat jambu air lainnya. Adapun sederet manfaat yang sanggup Anda dapatkan kalau rutin mengkonsumsi jambu jamaika ini antara lain kulit yang cerah dan segar, pencernaan yang lebih baik, mata yang lebih cerah, buang air kecil jadi lebih lancar dan masih banyak lagi lainnya