Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Versi Os Android Dari Era Ke Era (Dari A 1.0 Hingga P 9.0)

 perkembangan teknologi terus mencipatakan penemuan gres Urutan Versi OS Android dari Masa ke Masa (Dari A 1.0 Sampai  P 9.0)
Versi android history

Di jaman yang modern ini, perkembangan teknologi terus mencipatakan penemuan baru, siapa sih yang tidak kenal dengan Android ? Para developer Dan programmer sekarang saling berlomba untuk menciptakan sebuah penemuan kreatif gres operating system yang nantinya akan dipasang di android. Tapi kita sebagai user/pengguna perlu tau mengenai sejarah perkembangannya, jangan hingga kita sebagai pengguna android justru malah tidak mengetahui sejarah perkembangannya sama sekali.

Hal ini sangat penting, mengapa sangat penting ? alasannya dengan mengetahui sejarah perkembangnya, wawasan kita akan bertambah luas, dan kita sebagai pengguna akan lebih menghargai setiap karya yang dibentuk oleh para proggammer diluar sana, dan kita sanggup mengaplikasikan android secara bijak, jadi bukan cuma menawarkan kritik yang pedas sekiranya ditemukannya suatu bug (celah), tapi kita juga  sanggup belajar, bagaimana metode mengoreksi suatu bug, alasannya kalian patut tau, para progammer menciptakan metode operasi tidaklah mudah, butuh fokus tingkat tinggi, agar suatu karya nya dinilai positif oleh para pengguna.

Jikalau sahabat ialah salah satu dari jutaan orang yang mengoprasikan android, sahabat patut baca goresan pena ini, alasannya goresan pena ini akan membahas tuntas mengenai perkembangan metode operasi (OS) pada android dari masa ke masa, dari Versi Android 1.0 Hingga Versi Android 9.0 atau android P

Berikut tingkatan versi Android dari masa ke masa :

Android 1.0 (Alpha)

Cara operasi ini dimaksimalkan oleh google pada tahun 2008, yaitu awal dari peradaban android di kalangan masyarakat, memiliki tampilan yang sangat simpel. Perlu anda kenal android 1.0 yaitu awal mula fitur pull down notification yang memungkinkan kita mengamati sebuah notifikasi yang masuk di status baru, malah google play store telah muncul, sebagai aplikasi turunan, tapi masih dalam bertajuk market.

Android 1.5 (Cupcake)

Cara operasi ini dirilis oleh google pada tahun 2009, dalam metode operasi ini google mengenalkan suatu fitur terkini yang dinamakan SDK Widget, yang sanggup memungkinkan anda untuk memasang widget pihak ketiga, layaknya aplikasi turunan lainnya. Pada versi android ini google telah memperkenalkan suatu kemampuan baru, yaitu kita sanggup merekam sebuah video, dengan kamera telpon pintar, serta google juga telah berbagi suatu kemampuan keyboard layar sentuh.

Android 1.6 (Donut)

Di tahun yang sama, google kembali merilis sebuah metode operasi terkini android yang diberi nama "Donut", google juga mengumumkan bahwa android sanggup dipakai untuk game mobile ukuran layar berapa saja, jadi google telah hadirkan suatu metode operasi yang fleksibel, selain itu di dalam metode operasi ini (OS), google juga telah menambahkan kolom pencarian, yang sanggup dipakai untuk mencari apa saja, menyerupai info dari dunia maya, nama kontak, ataupun nama file. Tentu hal ini sanggup mempermudah kita untuk mencari sesuatu.

Android 2.0 (Eclair)

Masih ditahun yang sama, google lagi lagi meluncurkan sebuah metode operasi (OS), di dalam metode operasi ini, google telah berbagi sebuah fitur navigasi, jadi kita sanggup menjelajahi domisili domisili yang mau kita cari melewati sebuah aplikasi yang dinamakan google maps, tent dengan adanya google maps, ini yaitu tanda awal munculnya GPS dikalangan android, selain itu juga versi android ini telah mendunkung HTML5 pada peramban (Browser) yang sanggup memungkinkan anda untuk memutar suatu video, tidak lupa juga googel untuk menawarkan fitur embel-embel menyerupai Lock Screen, yang kita sanggup buka dengan metode Swipe.

Android 2.2 (Froyo)

Frozen yogurt atau yang lebih diketahui sebagai froyo yaitu nama dari android 2.2. Dimana Cara operasi (OS) ini telah menambahkan fitur keamanan, lock screen yang sebelumnya cuma dibuka dengan swipe, sekarang google hadirkan sebuah lock screen pattern, selain itu google juga menyediakan fitur Penguncian pin (Pin Lock). Dari segi tampilan Home screen android froyo memiliki batas panel 5, lebih banyak daripada metode operasi yang terdahulu yang cuma sebanyak 3. Android Froyo diluncurkan pada tahun 2010, dibarengi dengan rilisnya telpon cendekia trampil keluaran Google yaitu "Google Nexus One".

Android 2.3 (Gingerbread)

Google meluncurkan android Gingerbread pada tahun 2010, memiliki fitur yang sanggup memungkinkan anda untuk foto selfie dengan kamera depan, memiliki desain antarmuka dengan perubahan yang sangat signifikan, Keyboard android pada versi ini juga sanggup di tekan lebih dari 1 alias Multi Touch.

Android 3.0 (Honeycomb)

Di rilis tahun 2011, memiliki fitur navigasi kafetaria virtual, jadi anda sanggup pergi ke halaman home, back dan menu  dengan menekan tombol yang disediakan di layar, biasanya metode operasi (OS) ini banyak dipakai di perangkat tablet daripada telpon pintar.

Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)

Jikalau sebelumnya google merilis metode operasi yang memiliki navigasi kafetaria virtual tapi diperuntukan untuk pengguna tablet, nah kali ini google merilis (2011) metode operasi yang memiliki fitur menyerupai itu, tapi ini juga sanggup dipakai oleh para pengguna telpon pintar. Memiliki fitur terkini yaitu, sanggup membuka layar dengan cuma mengaplikasikan muka atau yang diketahui dengan istilah "Face Unlock",  penerapan data dunia maya, serta menambahkan sebagian aplikasi embel-embel sekaligus memperbarui kalender, mail, kalkulator dan masih banyak lagi.

Android 4.1 (Jelly Bean)

Google telah menghadirkan metode operasi (OS) Jelly Bean (2012) dengan perubahan yang sangat signifikan. Salah satu fitur terbarunya yaitu, jelly bean sanggup memungkinkan pengguna utuk menjalankan gulir (Scroll) cepat home screen ke bawah, untuk mengamati kumpulan isu/notifikasi dengan cepat, menyerupai agenda, surat elektronik, laporan cuaca. Selain itu metode operasi ini diluncurkan berbarengan dengan fitur gres dari google yaitu "Pembantu Digital" atau yang lebih diketahui dengan nama Google Now.

Android 4.4 (Kitkat)

Hadir ditengah pengguna pada tahun 2013, metode operasi ini memiliki antar muka atau interface yang berlogat putih dan biru muda. Selain itu google juga mengeluarkan sebuah fitur gres pencarian cepat dengan mengaplikasikan metode voice/suara, jadi kita cuma cukup menyatakan "Ok Google", kemudian beri perintah, maka otomatis google akan mencari apa yang anda cari, disamping itu, google juga mengeluarkan layanan chat/pesan singkat yang dinamakan Hangouts, tapi memang sangat disayangkan, alasannya apikasi ini kurang dilirik oleh para pengguna android.

Android 5.0 (Lolipop)

Perubahan kembali dikala google menghadirkan sebuah metode operasi gres yang dinamakan lolipop yang dirilis pada tahun 2014, memiliki tampilan interface yang didesain khusus mencontoh perkembangan jaman, selain itu fitur fitur yang lainnya juga banyak yang ditingkatkan. Fitur yang terasa mencolok dari system operasi ini yaitu adanya santunan gambar yang berformat RAW, dimana wujud hal yang demikian memungkinkan para Designer menyimpan file dalam ukuran yang besar agar sanggup diedit, tapi tanpa mengurangi kualitas.

Android 6.0 (Marsmallow)

Google telah mengakibatkan sebuah metode operasi yang memiliki tampilan hidangan aplikasi yang dibentuk lebih dinamis daripada metode operasi (OS) sebelumnya (2015). Selain itu, ada juga fitur memory manager yang memungkinkan pengguna mengecek penerapan daya ingat pada setiap aplikasi. Rentan waktu pengecekannya sanggup disetel dari tiga jam yang kemudian hingga 24 jam sebelumnya.

Pembaruan selanjutnya berlokasi pada tampilan penguasaan panel volume, jadi anda tidak akan repot untuk mengontrol sebuah volume yang berbeda beda pada panggilan(Nada dering), Media dan juga Alarm. Selain itu google juga telah memungkinkan vendor untuk menyematkan sesnor sidik jari yang sanggup dipakai oleh penggguna demi upaya keamanan.

Android 7.0 (Nougat)

Ditahun selanjutnya (2016) google kembali merilis sebuah metode operasi mutahir, disampaikan pada dikala ajang kumpul developer Google I/O. Pada metode operasi ini keberadaan Google Now sekarang digantikan dengan Google Assistant, yang diyakini sanggup dapat lebih dipercaya untuk menjalankan berjenis-jenis fungsi, selain itu juga ada fitur Split Screen yang sanggup anda pakai pada dikala menjalankan multitasking, perlu anda kenal Android Nougat juga telah memliki santunan terhadap platform Virtual Reality (VR)  disampaikan oleh google.

Android 8.0 (Oreo)

Ditahun 2017 ini, google kembali menghadirkan sebuah metode operasi terkini, dan gres sebagian perangkat saja yang sanggup mengaplikasikan metode operasi ini, memiliki fitur fitur canggih, yaitu Auto FII API, yang memungkinkan anda tidak perlu lagi mengaplikasikan aplikasi  manager kata sandi, serta Picture In Picture Mode Pengguna android 8.0 akan dimanjakan oleh sebuah fitur multitasking, yang sanggup mempermudah kita untuk menjalankan 2 hal sekaligus dalam waktu yang berbarengan. Penggunanya diuntungkan dalam hal penghematan kekuatan, alasannya metode operasi ini akan mematikan proses latar belakang dari sebuah aplikasi yang tidak dibutuhkan/digunakan.

Android 9.0 Android P

Di tahun 2018 kabarnya Android 9.0 akan segera dirilis resmi bulan Agustus. Banyak bocoran fitur-fitur yang akan hadir di versi Android mendatang bahkan android P Beta sudah dirilis Februari lalu. Android P dirancang untuk memberi Anda pengalaman baterai yang lebih konsisten. Perubahan yang signifikan yaitu dibagian navigasi nya. Yakni navigasi yang menyerupai dengan navigasi IPhone X. Dan masih banyak lagi kostumisasi gres yang akan hadir di versi Android 9.0.

Untuk penamaan Android P ini masih belum di umumkan.  Kira-kira berdasarkan sahabat nama apa yang cocok untuk Android P?