Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Religi Di Masjid Tiban Turen Jawa Timur

Wisata Religi di Masjid Tiban Turen Jawa Timur

Wisata Religi di Masjid Tiban Turen Jawa Timur - Mengisi hari libur bersama keluarga dengan berkunjung ke Masjid Tiban Turen yang sering disebut masjid gila oleh masyarakat sekitar. Alasan disebut sebagai masjid gila atau masjid Tiban lantaran masyarakat menduga masjid ini muncul secara tiba-tiba. Sebagian menyebutkan, masjid tersebut di bangkit oleh jin dalam waktu semalam.

Namun, hal tersebut dibantah oleh orang dalam. Sebenarnya, masjid Tiban Turen yaitu Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah. Pesantren tersebut berada di jalan KH Wahid Hasyi, Gang Anyar rt/rw 27/06 Desa Sanarejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Masjid tersebut tidak berdiri tiba-tiba, melainkan dengan proses pembangunan.  Dan ketika ini masjid ini disebut sebagai Wisata Religi  oleh semua orang. Pembangunan masjid dilakukan oleh santri dan jamaah. Tentu saja bantahan dari orang tersebut, terang terpampang dengan goresan pena yang besar-besar “Apabila ada orang yang menyampaikan bahwa ini yaitu pondok Tiban, dibangun oleh jin. Itu tidak benar”. Masjid tersebut murni dibangun oleh para santri dan jamaah.

Sejarah Pembangunan

Pondok pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaailir Rahmah dibangun pada tahun 1978 oleh Romo Kiai Haji Ahmad Bahru Mafdlaluddin Shaleh Al-Mahbub Rahmat Alam. Masyarakat sering menyebut dengan panggilan Romo Kiai Ahmad. Masjid tersebut mempunyai 10 lantai pada bangunan utama. Lantai pertama sampai lantai empat dipakai sebagai acara para santri. Sedangkan lantai lima, tujuh sampai delapan diisi dengan toko-toko kecil yang dikelolah oleh santriwati. Toko-toko kecil tersebut menjual banyak sekali makanan dan kebutuhan santri ibarat baju jilbab, sarung, sajadah, mukenah dan lain sebagainya. Lantai enam pada bangunan ini dijadikan sebagai ruang keluarga.

Pondok pesantren yang ketika ini juga dijadikan sebagai daerah wisata, mempunyai bak renang lengkap dengan bahtera kecil yang hanya diperuntukan untuk pengunjung anak-anak. Pesantren tersebut tidak hanya mempunyai bak renang didalamnya, melainkan juga terdapat beberapa binatang ibarat monyet, kelinci, ayam, burung dan kijang. Makara Anda sanggup mengunjungi daerah wisata religi ini sebagai hiburan dan juga mendapat ilmu agama.

Kultur dan Desain bangungan

Arsitektur dari pondok pesantren tersebut diperoleh dari hasil istikharah Kiai Haji Achmad. Oleh lantaran itu, bentuknya sangat unik perpaduan antara gaya timur tengah, china dan modern. Proses pembangunannya tidak memerlukan alat berat, melainkan dikerjakan pribadi oleh 250 orang santri dan beberapa warga. Material yang dipakai juga seadanya. Pada ketika itu material yang ada hanya kerikil bata merah, maka kerikil bata merah itulah yang dipasang memakai luluh yang terbuat dari tanah liat.

Pembangunan dilakukan semenjak tahun 1963 sampai 1978, seiring dengan proses pembangunannya mulai ada santri yang menetap disana. Pada tahun 1992, pembangunan masjid sempat dihentikan. Namun, pada tahun 1998 proses pembangunan dimulai kembali dan dilakukan sampai ketika ini. Dana yang dipakai untuk membangun masjid tersebut murni dari dana pribadi pemilik pesantren. Bagi pemilik pesantren masjid ini merupakan hadiah dari Allah SWT.

Pengunjung yang tiba sanggup melihat seluruh pesantren dari lantai sembilan dan sepuluh. Bahkan pengunjung juga sanggup melihat sekitaran kota Malang yang asri, dari lantai tersebut. Pengunjung yang tiba dimasjid tersebut tidak dikenakan tarif alias gratis. Makara kau sanggup menikati wisata religi ini tanpa hawatir dengan dilema tiket. Wisatawan yang tiba hanya akan diberikan pertanyaan ibarat nama, asal dan tujuan tiba kemasjid. Kemudian pengunjung akan diberikan selembar kertas sebagai tanda bahwa pengunjung mendapat ijin untuk memasuki masjid tersebut.

Akan tetapi nih, kertas yang tadi diberikan harus dikembalikan ketika pengunjung meninggalkan masjid. Kalau kalian dari arah Kota, cukup naik angkutan umum kemudian ojek untuk sanggup menikmati wisata religi ini. Tapi saya sangat menyarankan biar anda menyewa jasa pemandu selama berwisata di kota Malang. Salah satu Agen Sewa Mobil di Malang yang populer yaitu www.travelmalang.id. Dimana biro sewa kendaraan beroda empat tersebut telah terbukti amanah dan juga profesional dalam menemani para wisatawan.