Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membuat Telur Ayam Menjadi Pakan Alternatif Lovebird

MEMBUAT TELUR AYAM MENJADI PAKAN ALTERNATIF LOVEBIRD

Telur ayam untuk lovebird sanggup dijadikan sebagai pakan alternatif yang menyehatkan di dikala terjadi kelangkaan kroto di pasaran. Selama ini krotolah yang dikenal dan pada umumnya dijadikan sebagai pakan tama burung lovebird dan burung ocehan lainnya. Namun ternyata, kandungan nutrisi dalam telur ayam negeri khususnya penggalan kuning telurnya hampirlah sama dengan kandungan nutisi kroto yakni mengandung asam lemak dan omega 3 yang sangat baik untuk kebutuhan organ dalam badan burung dan menciptakan kicauan lebih sering dan tidak pecah. Mengapa tidak memakai putih telur? Karena putih telur hanyalah mengandung protein saja. Putih telur yaitu asupan yang sangat anggun bagi para olahragawan atau binaragawan yang sedang melaksanakan pembentukan otot.


Manfaat Telur Ayam Untuk Lovebird
Tidak hanya mengandung asam lemak dan omega 3, kuning telur juga mengandung protein, vitamin A, B12, D, E dan K, mineral, colin dan fosfor yang sangat menyehatkan. Bukan hanya bagi insan namun juga bagi burung lovebird kesayangan. Telur ayam buat lovebird sangatlah baik terutama penggalan kuning telurnya asal diberikan dengan dosis yang pas. Tidak berlebihan. Hal ini dikarenakan kuning telur mengandung kolsterol yang bila dikonsumsi secara berlebihan sanggup berdampak jelek bagi kesehatan burung lovebird. Pemberian kuning telur pada lovebird sangatlah anggun sebagai pengganti kroto dikala langka. Bahkan bila lovebird kesayangan sudah terbisa mengkonsumsi kuning telur, maka akan jauh lebih sehat dan gampang dalam mencarinya.

Salah satu cara yang paling efektif mengenai pengolahan kuning telur untuk pakan burung lovebird yaitu dijadikan tepung kuning telur. Selain gampang proses pembuatannya dan tidak memerlukan adonan materi lain, tepung kuning telur juga sanggup disimpan untuk diberikan dikemudian hari. Manfaat telur ayam untuk burung lovebird dengan cara ini juga sangat efektif sebab sanggup secara pribadi diberikan. Berikut ini yaitu cara pembuatan tepung kuning telur yang sangat simple, gampang dilakukan dan sederhana:
  • Pilihlah beberapa butir telur ayam negeri yang masih segar dan dalam kondisi baik kemudian cucilah cangkang atau kulit telur hingga bersih, jangan hingga ada kotoran ayam, darah atau bulu yang masih melekat sebab bakterinya sanggup mengontaminasi telur.
  • Kemudian rebuslah telur hingga matang sempyrna, jangan setengah matang atau jangan terlalu matang kemudian angkat dan tiriskan tunggu hingga dingin.
  • Setelah itu kupas telur dan belah menjadi dua penggalan untuk diambil kuning telurnya, sisihkan kuning telur atau tempatkan pada mangkuk atau wadah.
  • Lumatlah kuning teur dalam mangkuk dengan proteksi sendok makan hingga menjadi debu atau hingga halus.
  • Ambil aluminium foil kemudian tempatkan kuning telur yang sudah dilumat tadi di atasnya kemudian bungkuslah dengan rai hingga semua penggalan tertutup rata.
  • Panaskan panggangan dan masukkan kuning telur lumat yang sudah dibungkus dengan aluminium foil tadi ke dalam panggangan dan panggang kurang lebih selama 15 menit. Supaya tidak gosong, beberapa kali setiap beberapa menit baliklah bungkusan aluminium foil.
  • Setelah kurang lebih 15 menit, matikan panggangan dan angkat kuning telur. Kuning telur yang sudah dipanggang akan bertekstur tidak lengket dan tidak berminyak persih menyerupai tepung. Dari olahan inilah manfaat telur ayam untuk lovebird sanggup diperoleh dengan optimal.
  • Setelah dingin, tepung kuning telur sanggup secara pribadi diberikan pada burung lovebird dan sisanya sanggup disimpan kembali dan diberikan di lain waktu.

Telur ayam untuk lovebird khususnya penggalan kuning telurnya sangat memudahkan para pemeliharanya dalam menyiapkan pakan untuk loverbird. Tepung kuning telur ini sanggup diberikan secara terpisah dengan wadah sendiri atau sanggup dicampur dengan jenis pakan lainnya menyerupai kroto dan lain sebagainya.