Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Macam-Macam Telur Yang Dapat Dimakan

INILAH MACAM-MACAM TELUR YANG BISA DIMAKAN

Macam-macam telur itu sangat banyak variasinya, dibedakan dari asal telur itu sendiri. Beberapa diantaranya ada yang boleh dan ada yang dilarang dikonsumsi. Telur-telur yang boleh dikonsumsi pun ada banyak jenisnya. Berikut ini yaitu jenis-jenis telur menurut asalnya yang kondusif untuk dikonsumsi.



Macam-Macam Telur yang Bisa Dimakan

1. Telur ayam negeri
Telur ayam negeri yaitu macam telur ayam yang sangat banyak dan terkenal di pasaran. Memiliki cangkang yang berwarna kecokelatan, telur ayam negeri ini memang sering kali berasal dari peternakan ayam petelur. Telur ini juga merupakan materi makanan telur utama yang tersebar merata di Indonesia dan merupakan jenis telur yang paling gampang didapatkan

2. Telur ayam kampung
Berbeda dengan telur ayam negeri, telur ayam kampung mempunyai ukuran yang lebih kecil. Warna cangkangnya putih, tidak menyerupai telur ayam negeri yang cokelat. Harganya pun sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan telur ayam negeri. Telur ayam kampung sering dijadikan materi minuman kesehatan atau sebagai materi pengobatan alami.

3. Kaviar
Kaviar yaitu jenis telur ikan yang berwarna hitam. Kaviar ini berasal dari ikan sturgeon yang telah melewati proses pengawetan atau pengasinan. Karena harganya yang cukup mahal, hanya kalangan tertentu yang sanggup mengonsumsi makanan ini. Kaviar ini yaitu jenis telur yang sering dijadikan materi makanan glamor di restoran.

4. Telur puyuh
Selain telur ayam negeri dan kampung, jenis telur lain yang gampang didapat yaitu telur puyuh. Cangkangnya mempunyai corak yang khas. Walaupun sangat bergizi, namun kandungan kolesterol dari telur puyuh ini lebih tinggi daripada telur ayam. Sehingga, para penderita kolesterol lebih baik berhati-hati. Makanan yang identik dengan telur puyuh yaitu sate telur puyuh.

5. Telur bebek
Telur belibis juga sering dijumpai dan juga dikonsumsi. Ukurannya yang besar dan warnanya yang sedikit kehijauan menciptakan telur ini gampang dibedakan dengan telur ayam. Telur belibis mengandung banyak vitamin B kompleks yang baik untuk kesehatan. Makanan yang identik dengan telur belibis ini yaitu telur asin.

6. Telur kalkun
Telur kalkun yaitu jenis-jenis telur yang sanggup dimakan, walaupun keberadaannya sangat jarang. Telur kalkun ukurannya jauh lebih besar daripada telur ayam. Telur ini sering dijadikan materi makanan di negara sub tropis alasannya populasi kalkun di sana memang lebih besar daripada di negara tropis menyerupai Indonesia. Telur kalkun mengandung lebih banyak kalsium untuk menguatkan tulang.

7. Telur bantam
Tidak banyak yang mengenal jenis telur ini. Telur bantam yaitu jenis telur ayam yang berasal dari ayam kate. Ayam kate yaitu ayam kerdil. Ukuran telur temtu saja juga kecil daripada telur ayam negeri atau telur aya, kampung. Telur bantam mengandung lebih banyak zat besi daripada telur ayam biasa.

8. Telur angsa
Memiliki ukuran yang besar, telur angsa ini juga sanggup dimakan. Namun tidak banyak yang mengonsumsi jenis telur ini. kandungan protein yang ada di dalam telur angsa lebih besar bila dibandingkan dengan telur ayam.

9. Telur hilsa
Telur hilsa yaitu jenis telur yang terkenal di negara India. Telur yang berasal dari ikan hilsa ini sanggup dicari di sungai. Telur ini mengandung banyak omega-3 yang baik untuk kecerdasan otak. Makanan dari telur hilsa juga baik untuk kesehatan ibu hamil.