Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Budidaya Flora Kailan




Membudidayakan kailan merupakan hal yang gampang untuk dilakukan, terutama jikalau anda mengetahui cara budidaya yang sempurna untuk tanaman yang satu ini. Tanaman yang satu ini membutuhkan perawatan yang khusus biar sanggup tumbuh dan berkembang dengan baik. 

Kailan (Brassica oleracea) merupakan salah satu jenis sayuran yang mempunyai daun tebal berwarna hijau dengan batang tebal dan mempunyai kepala bunga berukuran kecil dengan jumlah kecil hampir seakan-akan dengan bunga pada brokoli. Sayur kailan ini sanggup dipakai dalam kuliner Tionghoa terutama kuliner Katon. Sayur ini biasanya di masak tumis dengan bumbu jahe dan bawang putih atau juga di masak rebus kemudian disiram dengan saus tiram. Banyak orang yang menyukai sayuran kailan sebab kailan mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan sebab kandungan gizi yang terdapat pada sayur kailan diantaranya pro vitamin A, asam askorbat, mineral, vitamin B, vitamin C, serat, antioksidan, zat besi dan masih banyak lagi yang lainnya.



Ada beberapa macam teknik budidaya yang harus anda lakukan, mulai dari pembibitan, penanaman, pemeliharaan sampai apa persiapan yang harus dilakukan pada saar panen. Hal pertama yang harus anda lakukan pada dikala penanaman ialah menyiapkan ukuran petak tanah yang tepat. Siapkanlah sebuah bedengan yang mempunyai lebar 120 cm dan ukuran panjang yang sama dengan petak tanah yang dimiliki. 

Untuk sanggup membudidayakan tanaman ini dengan baik, diharapkan sebuah media yang mempunyai ketinggian 100 meter sampai 500 meter dpl. Umumnya tanaman ini sangat cepat tumbuh jikalau ditanam di suhu yang lembab yaitu pada dikala demam isu hujan. 

Cara Menanam Tanaman Kailan

Untuk cara tanam kailan ialah sebagai berikut. Seminggu sebelum penanaman berlangsung, pastikan anda menyiapkan lubang tanam yang akan disiapkan untuk menanam kailan ini. Lalu jangan lupa untuk menawarkan pupuk pada tanah yang akan ditanami oleh bibit. 

Cara menanam dengan memakai bedengan yang telah dipupuk terlebih dahulu terbukti ampuh untuk menghasilkan tanaman kailan yang baik. Pupuk yang dianjurkan di sini ialah pupuk kandang. Siapkan pupuk sangkar sebanyak 10 ton/ha. Jarak tanam dalam bedengan juga harus diperhatikan. Pastikan tanah dalam bedengan mempunyai jarak 40 x 40 cm, 30 x 30 cm atau 20 x 20 cm. Memilih bibit yang baik juga harus Anda lakukan. Bibit yang baik tersebut nantinya harus dipindah dan ditanam di bedengan yang sudah Anda siapkan tadi. 

Pemeliharaan Tanaman Kailan

Berikutnya masuk ke tahap pemeliharaan tanaman kailan ini. Proses pemeliharannya cukup sederhana. Anda sanggup melaksanakan penyiraman pada tanaman ini. Jika kebetulan anda menanam tanaman ini pada dikala demam isu hujan, maka penyiramannya sanggup dikurangi biar tanaman ini tidak kelebihan air. 

Tetapi jikalau penanaman dilakukan pada dikala demam isu kemarau, anda sanggup menambah air yang akan dipakai untuk menyiram tanaman ini. Hal lain yang sanggup anda lakukan ialah dengan melaksanakan penjarangan. Lakukan kegiatan ini sehabis penanaman. Penjarangan harus dilakukan bertujuan untuk mencabuti tanaman yang tumbuhnya terlalu rapat. 

Perawatan Tanaman Kailan

Jangan lupa juga untuk melaksanakan perawatan dengan cara mencabuti tanaman yang mati akhir terjangkit hama atau penyakit dan menggantinya dengan bibit yang baru. Hal ini bertujuan supaya tanaman yang sakit tadi tidak menularkan penyakitnya ke tanaman yang sehat lainnya. Pencabutan tanaman ini sanggup anda lakukan ketika menganalisa tanaman kailan setiap harinya. 

Selain itu lakukan juga langkah memelihara tanaman kailan dengan cara penyiangan. Apa itu penyiangant? Penyiangan ialah proses mengganti tanaman yang usang dengan tanaman yang baru. Biasanya ini dilakukan apabila anda menemukan tanaman yang tidak mempunyai potensi untuk sanggup tumbuh dengan baik. Jika anda sudah sanggup memprediksi bahwa hasil risikonya nanti niscaya tidak bagus, sebaiknya proses penyiangan ini dilakukan. 

Hasil Panen Tanaman Kailan

Tanaman kailan juga sanggup dijadikan sebagai sumber bisnis. Anda sanggup menjual hasil panen dari tanaman ini apabila berhasil tumbuh dengan baik. Satu hal yang perlu anda ketahui ialah tanaman ini akan sanggup menghasilkan hasil panen selama 70 hari paling lama, dan paling cepat 40 hari. Maka dari itu, anda harus memilih iklim yang sempurna untuk menanam tanaman ini. Iklim yang tropis sangat dianjurkan sebagai media untuk menanam kailan.