Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Apa Itu Web Browser, Fungsi Dan Manfaat Serta Contohnya

 

Mengenal Apa Itu Web Browser, Fungsi Dan Manfaatnya Serta Contohnya


,
Hai teman-teman, jumpa lagi dengan kami, pada postingan kali ini, kami akan membahas ihwal apa itu web browser atau aplikasi browser. Selama ini mungkin kita sering mendengar atau bahkan memakai browser, tapi belum tahu apa itu browser, makanya pada postingan kali ini kami akan membahas khusus ihwal apa itu browser serta fungsi dan mafaatnya.

Pengertian Dan Sejarah Singkat Web Browser

Browser atau aplikasi browser merupakan suatu kegiatan atau software atau aplikasi yang sering kita gunakan untuk menjelajahi internet guna mencari suatu isu yang tersimpan pada world wide web (www) atau web server lainnya.

Pada awalnya, teknologi browser hanya terdiri dari halaman yang berisi text atau goresan pena saja, namun dengan seiring berjalannya waktu, dikala ini hampir semua aplikasi browser sudah menampilkan gambar, suara, video dan file media lainnya.

Browser pertama kali dipakai pada tahun 1993, pada dikala itu browser masih dikenal dengan nama Mosaic, sebuah browser yang diciptakan oleh tim dari National Center for Supercomputing Aplications at the University of Illinois of Urbana-Champaign (NCSA-UIUC). Namun tidak usang kemudian, muncullah media gres media gres untuk penyebaran isu yang dikenal dengan istilah world wide web (www). Pada awalnya, browser Mosaic merupakan browser yang paling digandrungi dan banyak dipakai oleh para pengguna internet, hal ini disebabkan karna Mosaic merupakan satu-satunya alat penjelajah internet yang mempunyai tampilan atau grafis yang sangat menarik.

Namun kepopuleran Mosaic tidak bertahan lama, pada tahun 1994 browser Mosaic mulai ditinggalkan, alasannya lantaran pada dikala itu banyak browser gres yang muncul, yang tentunya dengan kemampuan yang lebih tinggi dari browser Mosaic, salah satunya yaitu browser Netscape Navigator, dan semenjak dikala itu pula mulai bermunculan browser-browser yang mempunyai kemampuan lebih canggih lagi.

Fungsi Dan Manfaat Web Browser

Fungsi utama web browser yaitu untuk menampilkan halaman-halaman web yang berisi isu dan file-file penting yang lalu bisa diakses memakai internet. Halaman web ini juga bisa teman-teman simpan, sehingga file-file atau isu yang ada didalamnya bisa kita ambil.

Adapun manfaat web browser sangatlah beragam, beberapa diantaranya adalah.

  1. Bisa dipakai untuk mengakses mesin pencari menyerupai Google, Yahoo, dan lain-lain untuk mencari isu yang bermanfaat.
  2. Bisa dipakai untuk mengakses banyak sekali sosial media menyerupai Facebook, Twitter, Google Plus, Pinterest, Instagram dan lain-lain.
  3. Bisa dipakai untuk mencari banyak sekali macam isu yang penting dan tentunya bermanfaat, dengan memanfaatkan mesin pencari.
  4. Dapat menyimpan halaman-halaman web yang sudah kita jelajahi, yang nantinya bisa kita buka kembali, kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah Bookmark.
  5. Dapat memudahkan kita dalam mengakses situs-situs web menyerupai blog dan lain-lain, yang didalamnya terdapat isu atau file-file penting.
  6. Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat web browser yang bisa teman-teman manfaatkan.


Contoh Web Browser


Saat ini web browser atau sofware atau aplikasi browser sudah sangat banyak dan bisa kita temukan di perangkat komputer atau android, berikut teladan browser yang paling terkenal dikalangan para penjelajah internet:

1). Komputer
  • Google Chrome
  • Mozilla FireFox
  • Opera
  • Internet Explorer
  • Safari
  • Dan lain-lain.


2). Android
  • Google Chrome
  • Mozilla FireFox
  • UC Browser
  • Opera Browser
  • CM Browser
  • Dan lain-lain.


Demikian ulasan singkat kami ihwal mengenal apa itu web browser serta fungsi, manfaat dan contohnya, semoga bisa bermanfaat. Tak lupa kami ingatkan kepada teman-teman untuk meninggalkan komentarnya dikolom komentar serta membagikan artikel kami di media umum masing-masing biar teman-teman yang lain tahu.